BELANJA ONLINE: ANTARA KEBUTUHAN DAN KEINGINAN

Awalnya, saya cuek aja dengan kehadiran onlineshop yang menjual aneka fashion, awalnya gak peduli banget dengan fashion online, kan ada banyak toko baju dan butik dari yang harganya ekonomis sampai maksimalis. Ga jauh lagi dari rumah. Sampe suami saya cerita kalau teman kuliah S2nya punya usaha fashion online dan juga punya lapak di sebuah e-commerce (yang saat itu masih baru). Trus suami saya nawarin, "Mau gak dibeliin baju via online?"
"Boleh." kata saya. Suami ini emang suka kasih kejutan dan gak lama kemudian muncul di timeline saya sebuah model baju yang ditawarin suami.


Menurut saya, modelnya sih biasa aja. Suami saya aja yang emang hobi nyenengin istrinya ^_^ dan kebetulan saat itu saya belum punya baju ungu. Awalnya saya kira cuma becandaan doang, ternyata beneran. Beberapa hari kemudian datang paket ke rumah dari sebuah online shop isinya baju ungu seperti gambar paling kanan, yang atasannya ungu muda. O la la, ternyata model ini terdiri dari 4 pieces, pashmina, bros, atasan dan bawahan. Pas dipakai, eeaaaa, gak banget deh. Entah apanya yang salah, apa saya yang gak selangsing si model :-(
Bajunya entah dari kain apa, longgar, dan tiiipiissss buanget. Pashminanya juga super pendek. Sampe saya bingung, ini gimana makenya?

Karena udah dibeli masa gak dipake? Akhirnya pas kita jalan-jalan sama anak-anak, saya pake juga baju ini. Kecuali pashminanya. Karena bajunya tipis jadi saya pake dua baju. Baju dalam lebih tebal, dan luarnya baju ungu ini. Untungnya punya jilbab warna senada. Akibatnya jalan-jalan jadi gak nyaman, iyalah, pake dua baju sambil gendong bayi di siang yang panas gimana gak gerah.

Saya tus mikir, nih baju enaknya diapain ya? Sempat kepikiran mau dibuat baju untuk Himda, biar bermanfaat. Tapi gak sempet-sempet, akhirnya sampe sekarang baju ini masih utuh di lemari, jadi pengingat betapa romantisnya suami..*ehhmm*.. Dan pashminanya ternyata pas buat Himda (yang artinya super kekecilan buat emaknya). 

Dari situ saya langsung berpikir jika onlineshop ini bisnis masa depan. Makin banyak masyarakat yang familiar dengan kehadiran onlineshop. Internet sudah menjangkau ke pelosok daerah. Dan orang gak ragu lagi belanja online, meski memang ada resiko-resiko yang tentu sudah dipertimbangkan. Dan akhirnya, saya juga ikut mencoba jualan online. Fashion juga, bedanya fahion yang saya jual khusus fashion muslim yang punya merk. Harganya bervariasi. Dari yang terjangkau kantong sampe yang harganya cukup buat beli beras setengah tahun. Dari jualan saya juga belajar kalo kain tuh macam-macam, ada katun, spandek, jersey, dll. Semua mempengaruhi harga dan kenyamanan pemakai. Dan cerita saya tentang belanja online ini juga tertuang di buku antologi pertama saya "Online Shop Why Not"


Jualan fashion online tidak membuat saya punya fashion terbaru. Karena tujuannya memang jualan. Cari untung. Dan meski punya pengalaman gak enak belanja online, ternyata gak bikin saya jera, malah jadi belajar mana baju yang bagus dan fashion online yang terpercaya. Abis itu saya nyoba belanja fashion lagi, dapet gamis dari bahan jersey super dan hijab dari bahan yang sama Karena memang kainnya bagus jadi awet dipake sampe sekarang. Dan juga bisa dipake pas hamil seperti sekarang. 
Trus gimana dengan jualan onlinenya, karena lagi hamil besar dan juga ngurus Isya dan Himda, olshopnya jadi nomor sekian, karena prioritas utama memang keluarga.


Dan karena sering liat produk baru, akhirnya saya jadi keranjingan window shopping. Iyalah, dengan adanya olshop, window shopping itu irit banget. Ga perlu kemana-mana, bisa sambil masak, nyuapin anak, atau bisa di jadikan me time, saat butuh refreshing dari tugas-tugas ibu rumah tangga yang gak ada habisnya. Apalagi sekarang fashion muslim berkembang pesat banget, banyak model-model baru setiap saat. Harganya juga bervariasi. Enaknya belanja online tuh, kita bisa dapat produk yang belum tentu ada di kota kita. Karena tidak semua produk punya agen di tiap kota. Selain itu belanja online juga simple, gak ribet, gak capek kemana-mana, apalagi buat bumil yang punya krucils kayak saya. Dan enaknya lagi kalo onlineshop yang kita kunjungi lagi ada diskon. Duuuhhh...diskon itu ibarat godaan terbesar bagi hati dan kantong para wanita. Jadi perlu banget memilah dan memilih antara kebutuhan dan keinginan. 
Pilih onlineshop juga harus yang terpercaya, HijUp misalnya. Tampilannya oke, belanjanya enak, ada diskonnya lagi...^_^

Dunia fashion emang gak ada matinya. Berkembang terus. Selalu ada mode-mode terbaru dan adanya fashion online juga bikin kita mudah mendapatkan fashion yang kita inginkan. Tips belanja fashion online ala saya simple kok: cari online shop atau market place yang terpercaya, siapkan budget khusus, dan yang paling penting kudu bijak berbelanja, bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jadikan diskon untuk berhemat, bukan berbelanja berlebihan. Happy shopping ^_^

 “Tulisan ini disertakan untuk 
giveaway #FAMILYTALK Annisa Steviani dan Istiana Sutanti bersama Hijup.com




Komentar

  1. Dear sister,
    Salaam! If you love blogging competitions you might be interested in joining our blog contest: http://www.muslimweddingideas.com/giveaway.
    We have 21 prizes, which include dresses, hijabs, jewellery, art, voucher etc and most of them are open to international contestants.
    Kindly have a look - thank you! :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer